Segudang Manfaat dan Kandungan Yang Terdapat Pada Air Kelapa Muda

Tips kesehatan alami | Cocos nucifera, ataupun yang biasa kita tahu dengan nama kelapa, ialah tipe tumbuhan palma yang mempunyai segudang khasiat. Dari daun kelapa sampai tempurung kelapa, segala bagian dari tumbuhan ini mempunyai sumbangsih yang lumayan besar dalam kehidupan warga. Isi air kelapa sendiri dipercaya sanggup menanggulangi sebagian keluhan penyakit. Konon dalam kitab suci agama Hindu, Kitab Weda, tumbuhan kelapa dikira tumbuhan suci sebab dipercaya sanggup memanjangkan usia, bawa kedamaian serta kesehatan.

Sebegitu besarnya khasiat air kelapa untuk badan manusia sehingga sebagian produsen minuman suplemen menghasilkan produk minuman isotonik yang memiliki air kelapa. Di Indonesia sendiri, air kelapa dimanfaatkan bagaikan bahan baku nata de coco (sejenis jelly). Selain itu air kelapa digunakan menjadi minuman menyegarkan yang dicampur buah kelapa ataupun tipe buah lain, sirup serta es.

Segudang Manfaat dan Kandungan yang terdapat pada air kelapa muda


Isi Vitamin Air Kelapa

Dalam tiap butir kelapa, kandungan air yang di dalamnya berbeda beda tergantung dimensi buah kelapanya. Biasanya jumlah air dalam tiap butir kelapa tidak kurang dari 250 ml. Isi air kelapa juga tidak sama, bergantung usia serta tipe buah kelapa. Nilai kalori yang tercantum dalam air kelapa sebesar 17 kalori per 100 gr. Air kelapa memiliki beberapa vit yang berguna sekali buat diserap badan seperti vit C, asam folat, asam nikotinat (berfungsi dalam kesehatan kulit, sistem syaraf serta pencernaan), biotin (Vit B7), asam pantotenat (berfungsi dalam proses metabolisme badan) serta riboflavin (Vit B2).


Isi Mineral Air Kelapa

Tidak hanya itu, air kelapa pun memiliki protein, lemak, hidrat arang (karbohidrat), kalsium (potassium), zat besi, fosfor serta gula (terdiri dari glukosa, fruktosa serta sukrosa). Kandungan air dalam buah kelapa kira- kira berjumlah 95, 5 gr per 100 gr. Zat yang sangat berguna untuk badan manusia adalah air kelapa mengandung asam amino. Asam amino dalam air kelapa mempunyai jumlah yang lebih besar dibanding asam amino dalam susu sapi. Asam amino dalam tiap butir air kelapa terdiri dari asam aspartat, arginine (menolong tingkatkan sistem energi tahan badan serta membatasi perkembangan sel tumor/ kanker), lisin, leusin, tirosin (dapat membatasi penuaan sel serta menolong dalam menyembuhkan tekanan mental, permasalahan alergi serta sakit kepala), alanine( berfungsi dalam proses metabolisme), fenilalanin, serin, histidin (bermanfaat dalam penyembuhan yang berhubungan dengan syaraf rungu, permasalahan alergi, anemia, pembuatan leukosit serta eritrosit), sistin (bermanfaat buat kesehatan pankreas, kurangi indikasi alergi, pengobatan cedera bakar/ pembedahan, tingkatkan kegiatan leukosit, sanggup memantapkan kandungan gula dalam darah serta menolong proses metabolisme karbohidrat) serta asam glutamat. 

Air kelapa memiliki banyak khasiat untuk badan. Mulai dari menyegarkan badan di kala haus, menaikkan elektrolit badan, apalagi dapat membantu mengobati penyakit. 

Tidak salah jika banyak sekali orang mengkonsumsi air kelapa muda karena terdapat segudang manfat untuk kesehatan. Sebab isi zat gizi di dalamnya sangat baik untuk badan. Air kelapa memiliki karbohidrat yang sangat gampang buat di cerna dalam wujud gula serta elektrolit. Air kelapa memiliki kalori yang sangat rendah, pula rendah natrium, serta memiliki kalium yang besar daripada minuman berolahraga, apalagi lebih besar dibanding bila Kamu memakan 4 buah pisang.

Air kelapa mengandung unsur gula yang lebih sedikit dibanding dengan banyak minuman supplement lain, minuman soda, serta sebagian juice buah. Tidak hanya itu, air kelapa pula tidak mengandung lemak serta kolesterol. Tidak salah bila sebagian atlet lebih memilah buat minum air kelapa dibanding meminum supplement lain dikala latihan. Nyatanya memanglah kandungannya lebih baik daripada minuman supplement lainnya.


Berikut manfaat dari air kelapa muda, antara lain :


1. Memperlambat penuaan

Khasiat air kelapa muda untuk kecantikan merupakan bisa membuat kulit lebih halus serta nampak lebih muda. Kandungan sitokinin (salah satu hormon perkembangan) dalam air kelapa berperan buat mengendalikan perkembangan, pertumbuhan, serta penuaan sel. Unsur sitokinin pada air kelapa memiliki dampak anti-penuaan, anti- karsinogenik, serta anti-trombotik (anti pembekuan darah). Sitokinin bisa menyeimbangkan kandungan pH dalam badan, menguatkan serta menghidrasi jaringan ikat, serta bisa kurangi resiko penyakit yang berhubungan dengan umur. Bila Kamu mau awet muda, minum air kelapa bisa jadi jadi salah satu triknya.


2. Mengendalikan tekanan darah, gula darah, serta kolesterol

Dikutip dari bodyandsoul, kalau air kelapa bisa tingkatkan peredaran aliran darah, merendahkan tekanan darah, serta kurangi resiko serangan jantung serta stroke. Isi kalium yang besar serta natrium yang rendah dalam air kelapa bisa menolong merendahkan tekanan darah. Tidak hanya itu, air kelapa bisa menolong tingkatkan HDL (kolesterol baik), kurangi munculnya plak gigi, mengendalikan penyerapan gula, serta tingkatkan sensitivitas insulin.


3. Baik buat kesehatan pencernaan

Air kelapa dipercaya dapat menjadi obat buat seluruh penyakit yang berhubungan dengan pencernaan. Umumnya air kelapa digunakan buat menyembuhkan diare, kendala pencernaan, konstipasi, cacingan, peradangan kandung kemih, serta gangguan ginjal.

Air kelapa sangat bermanfaat ketika Kamu terserang diare, sebab air kelapa bisa mengambil alih cairan yang habis dari saluran gastrointestinal. Osmolaritas air kelapa lebih besar dibanding dengan ORS (Oral Rehydration Therapy) yang direkomendasikan World Health Organization buat penyembuhan diare. Hal ini bukan tanpa sebab, di dalam air kelapa mengandung asam amino, enzim, mineral, serta asam lemak yang menjadikan air kelapa memiliki osmolaritas tinggi. Tidak hanya itu, air kelapa pula memiliki natrium serta klorida yang rendah dan asam amino. Ini ialah komposisi cairan yang balance pada minuman buat menghindari kehilangan cairan tubuh.

Isi enzim yang terdapat dalam air kelapa pula menolong sistem pencernaan serta metabolisme dalam badan. Air kelapa memiliki enzim biaktif natural, semacam asam fosfatase, katalase, dehidrogenase, diastase, peroksidase, RNA- polimerase, serta bermacam enzim yang lain.


4. Lebih baik daripada minuman supplement lainnya (sports drink)

Air kelapa ialah minuman isotonik natural yang berikan banyak khasiat semacam supplement yang sudah diformulasi. Isi elektrolit dalam air kelapa bisa mengambil alih cairan badan yang habis ketika berolahraga. Tetapi, buat mengembalikan ion tetap dikelilingi dengan molekul supaya badan tidak kehabisan banyak cairan, air kelapa wajib diminum dalam jumlah banyak. Semacam dikutip webmd, bagi pakar gizi berolahraga, Nancy Clark, air kelapa tidak hendak mengembalikan ion tetap dikelilingi dengan molekul badan kecuali diminum dalam jumlah banyak. Tidak hanya itu, resiko buat merasa mual, kenyang, serta sakit perut pula lebih sedikit bila minum air kelapa dibanding minuman supplement lainnya.

Nah sekarang jadi semakin tahukan manfaat dan kandungan yang terdapat pada air kelapa muda, begitu banyak manfaat yang bisa digunakan khususnya bagi kesehatan tubuh kita. Jadi jangan ragu lagi untuk mengkonsumsi air kelapa muda, disamping buahnya mudah didapat, harganya pun cukup ramah di kantong. 

Demikian ulasan singkat tentang Manfaat dan Kandungan yang terdapat pada air kelapa muda, semoga bermanfaat. Sampai ketemu kembali pada artikel selanjutnya. Terima kasih dan Salam Sehat.

Baca juga :

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Segudang Manfaat dan Kandungan Yang Terdapat Pada Air Kelapa Muda"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel