Kenali Penyebab Kram Otot dan Cara Mengatasinya

TIPS MENCEGAH DAN MENGATASI KRAM


Tipsksehatanalami.blogspot.com | Kram Otot ini terjadi sering kali pada saat aku bermain futsal dengan temen-temen, terjadi ketika tiap aku bermain futsal tanpa pemanasan serta langsung berlari- lari.


Kram otot merupakan akibat dari badan kehabisan garam serta cairan, terlalu banyaknya keringat yang keluar. Kram umumnya bisa dipulihkan dengan meregangkan serta memijat otot yang terkena. Kram merupakan kejang pada otot yang memunculkan rasa sakit serta perih. Kejang otot sering terjadi diwaktu kita lagi tidur, namun pula dapat sebab kegiatan raga yang berat serta tidak melaksanakan pemanasan terlebih dulu sebelum melakukan kegiatan berolahraga. Apabila kram didiamkan bisa jadi luka yang parah.


Kenali Penyebab Kram Otot dan Cara Mengatasinya

CARA PERTOLONGAN / PENANGANAN PERTAMA PADA SAAT KRAM

1. Kram pada kaki

Korban dibantu berdiri dan berat badannya ditahan dengan kaki bagian depan. Setelah ejang pertama berlalu, pijat kakinya.

2. Kram pada betis

Lutut korban diluruskan, kaki ditekan dengan kuat dan mantap ke atas mengarah ke tulang kering. Pijat otot untuk memberikan efek tenang pada bagian otot dengan cara menekannya 

3. Kram pada paha

Ketika terjadi kram pada bagian belakang paha, pertama luruskan lutut korban kemudian angkat kakinya. Untuk kejang pada paha bagian depan, lutut ditekuk. Pada kedua paha, pijat ototnya kuat-kuat.

Tehnik yang biasa kita lihat dalam pertandingan sepak bola adalah medis menyemprotkan spray ke pemain yang terkapar karena kram atau cedera. semprotan itu bernama chlor ethyl. Spray berguna untuk menghilangkan rasa nyeri/sakit yang bersifat lokal.

Tips paling mudah untuk mengatasi kram adalah dengan cara mengoleskan bagian yang kram menggunakan salep khusus pereda nyeri otot. Hal ini cukup membawa perubahan signifikan untuk meredakan nyeri akibat kram. Gunakan obat-obatan pemanas [salep, balsem, atau koyo] yang berguna untuk melebarkan pembuluh darah sehingga aliran darah tidak terganggu karena kekuatan/ kekejangan otot pada terjadi kram.

CARA MENCEGAH TERJADINYA KRAM

1. Rendamlah bagian yang terexplorasi kram ketika melakukan aktifitas menggunakan air hangat. Disarankan melakukannya setelah beraktivitas seharian dan setiap kali sebelum tidur guna mengendurkan seluruh otot yang tegang.

2. Lakukan peregangan sebelum tidur, dan juga hindari penegangan/ meluruskan ujung jari kaki saat peregangan maupun tidur dan usahakan agar kaki- kaki anda tetap hangat selama tidur.

3. Jangan melakukan olahraga atau aktivitas berat secara mendadak karena dapat menyebabkan otot menjadi kaget (kram). Oleh karena itu, lakukan pemanasan secara benar sebelum berolahraga atau melakukan aktivitas fisik lainnya dan lakukan pendinginan setelah selesai. Hal itu akan sangat membantu memberikan kesempatan bagi otot untuk menyesuaikan diri sehingga tidak menimbulkan kram. Akan lebih baik jika pemanasan ini dilakukan setiap pagi setelah bangun tidur, dengan melakukan senam kecil.

4. Minum setidaknya enam gelas penuh setiap hari, termasuk satu gelas sebelum tidur. Juga perbanyak minum sebelum, selama dan setelah berolahraga.

5. Konsumsi makanan yang kaya kalsium, potasium dan magnesium. Makan satu atau dua buah pisang sehari sudah cukup memenuhi kebutuhan potasium Anda.

6. Konsumsilah Multivitamin B serta Vitamin E, Karena otot memerlukan vitamin-vitamin esensial ini untuk memperbaiki dan membangun kembali sel-selnya serta membantu mencegah kram. Dr. Deed mengatakan, vitamin B terbukti dapat membantu fungsi syaraf dan mengontrol rasa nyeri yang disalurkan oleh saraf.

7. Tak ada salahnya melakukan peregangan setelah melakukan satu kegiatan terus menerus dalam beberapa lama. Misalnya setelah duduk terus menerus di depan computer selama 2 jam, berada di dalam pesawat atau kendaraan yang memakan waktu lama atau berjalan kaki jarak jauh.

Sekian dulu artikel kali ini, Semoga tips tips di atas bisa bermanfaat bagi anda dan orang - orang disekitar anda.  Sampai ketemu pada artikel selanjutnya. Terima kasih dan Salam Sehat.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kenali Penyebab Kram Otot dan Cara Mengatasinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel