Cara Penuhi Asupan Nutrisi Untuk Lansia

Cara Penuhi Asupan Nutrisi Untuk Lansia

Tips kesehatan alami | Haloha Semua, Gimana kabarnya hari ini? Semoga selalu sehat ya. Nah pada kali ini Tips Kesehatan Alami akan kembali berbagi informasi tentang Bagaimana Cara Penuhi Asupan Nutirisi untuk Lansia. Bagi kalian semua yang masih memiliki orang tua di rumah, hal ini sangat penting untuk kita ketahui bersama, karena terkadang orang tua atau lansia sudah sangat sulit untuk mengontrol apa saja makanan yang baik bagi kesehatannya sendiri.

Pola makan dan nutrisi yang sehat untuk Lansia sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah perubahan komposisi tubuh. Selama tahun-tahun kehidupan selanjutnya, tubuh akan kehilangan tulang dan otot serta terkadang bertambah gemuk karena beberapa hormon tidak aktif lagi.

Ada banyak faktor yang dapat menghambat kesehatan lansia. Informasi di bawah ini akan membantu Anda menjalani hidup yang sehat - tidak peduli berapa pun usia Anda.

Air

Air dalam tubuh berkurang seiring bertambahnya usia, begitu banyak orang yang lebih tua sangat mudah terkena dehidrasi. Kadang-kadang mereka tidak pernah merasa haus, sementara di waktu lain terlalu merepotkan untuk menuangkan segelas air. Dengan mengingat hal ini, sangat disarankan agar mereka minum setidaknya 3,5 liter per hari.

Protein

Pada tahap usia lansia, protein menjadi asupan yang sangat penting. Protein dibutuhkan untuk mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat dan mencegah pemborosan otot. Karena kebutuhan energi lebih sedikit, para lansia harus makan protein berkualitas tinggi seperti telur, daging tanpa lemak, daging unggas, dan ikan.

Karbohidrat dan Serat

Karbohidrat adalah sumber energi utama seluruh tubuh. Anda dapat menemukan karbohidrat dalam roti, sereal, pasta, dan produk biji-bijian lainnya. Pola makan yang tinggi kandungan serat dan air akan dapat membantu mencegah terjadinya sembelit pada lansia.

Lemak

Asupan lemak untuk lansia harus dibatasi, namun bukan dihilangkan. Anda dapat membatasi asupan lemak dengan memilih daging tanpa lemak, produk susu rendah lemak, dan mengurangi metode penyiapan makanan dengan cara menggoreng.

Zat Besi

Bagi lansia, kekurangan zat besi terlihat pada mereka yang tidak terlalu banyak makan. Jenis Makanan yang baik dan banyak kandungan untuk zat besi adalah seperti daging merah tanpa lemak atau sereal sarapan.

Zinc/Seng

Asupan Zinc/seng biasanya sangat minim didapatkan bagi para lansia, dan yang memperburuk keadaan adalah ia juga tidak terserap tubuh dengan baik. Daging, unggas, dan ikan harus merupakan bagian yang sangat penting untuk lansia, karena jenis makanan tersebut cukup membantu dalam memenuhi kebutuhan asupan zinc bagi tubuh para lansia.

Kalsium

Kalsium adalah salah satu bahan yang sangat minim para lansia mendapatkannya. Kebanyakan dari mereka percaya bahwa susu dapat mengganggu kenyamanan perut mereka, itulah kenapa sebagian dari mereka selalu menghindari untuk mengkonsumsinya. Para lansia idealnya harus mendapatkan asupan kalsium sekitar 1.500 mg kalsium sehari dan susu bubuk tanpa lemak dapat digunakan sebagai pengganti susu. Makanan lain seperti yogurt, keju rendah lemak, dan brokoli juga dapat membantu para lansia dalam memenuhi kebutuhan kalsiumnya.

Vitamin B12

Untuk menyerap manfaat vitamin B12, faktor intrinsik harus diproduksi oleh perut. Kebanyakan lansia menderita kekurangan vitamin B12 karena mereka mengidap kondisi yang disebut gastritis atrofi. Kondisi ini menyebabkan peradangan lambung, pertumbuhan bakteri yang berlebihan, dan faktor intrinsik. Tanpa faktor intrinsik, vitamin ini dapat diserap dengan baik oleh tubuh.

Masing-masing nutrisi di atas sangat dibutuhkan untuk menjaga tubuh yang menua agar selalu dalam kesehatan yang baik. Para lansia harus mencoba untuk tetap aktif dan mengupayakan diet yang seimbang. Meskipun tubuh yang menua tidak seperti dulu, namun dengan perawatan yang tepat dan nutrisi yang tepat dapat membantu para lansia dalam menikmati hidup yang lebih sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

Sekian dulu ulasan tentang Cara Penuhi Asupan Nutrisi Untuk Lansia, semoga bermanfaat. Sampai ketemu lagi pada artikel selanjutnya ya. Terima kasih dan salam sehat.

Baca juga :


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Penuhi Asupan Nutrisi Untuk Lansia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel