Tips Menjaga Kesehatan Kehamilan

Tips Menjaga Kesehatan Kehamilan

Kehamilan akan selalu menjadi hal yang membahagiakan bagi pasangan suami istri. Apalagi, jika kehamilan itu adalah kehamilan pertama yang dialami sang istri. Karenanya sangat wajar jika calon ibu maupun calon ayah berusaha mencari berbagai sumber informasi tentang cara menjaga kesehatan kehamilan. Informasi ini bisa didapatkan dari berbagai sumber, baik melalui berbagai artikel yang tersedia di Internet maupun majalah, atau berdasarkan pengalaman ibu lainnya. 

Bukan hanya tips menjaga kesehatan kehamilan yang bisa didapat dari ibu-ibu lain, ada juga beberapa pengalaman lain yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan calon ibu dan calon bayi yang ada selama masa kehamilan.

Tips Menjaga Kesehatan Kehamilan


Berikut ini kami juga memberikan Tips Menjaga Kesehatan Kehamilan, simak terus ulasan pada artikel ini sampai selesai.

  • Makanlah makanan sehat setidaknya lima atau enam kali sehari untuk mencukupi kebutuhan nutrisi ibu dan janin.
  • Konsumsilah vitamin prenatal setiap hari sesuai rekomendasi bidan atau dokter kehamilan.
  • Minumlah banyak cairan, setidaknya 8-10 gelas per hari dan hindari minuman berkafein dan yang menggunakan pewarna buatan.
  • Jangan mengkonsumsi minuman beralkohol, karena berpotensi merusak kandungan.
  • Jangan merokok dan sebaiknya hindari asap rokok, karena zat-zat dalam rokok juga berpotensi merusak kandungan. 
  • Untuk kesehatan dan menurunkan stres, sering-seringlah berolahraga. Disarankan untuk mengikuti kelas senam hamil atau aktifitas berjalan selama 15-20 menit seharinya.
  • Tidurlah yang cukup, setidaknya delapan jam sehari. Jika Anda mengalami gangguan tidur, cobalah tidur siang atau berkonsultasilah pada dokter.
  • Pakailah sepatu yang nyaman dan tidak sempit. Angkatlah kaki beberapa kali sehari untuk menghindari kelelahan dan pembengkakan kaki, telapak kaki, dan persendian.
  • Tetaplah pakai sabuk pengaman secara berkendara. Bagian bahu sabuk pengaman sebaiknya diposisikan di atas tulang leher dan bagian perut sebaiknya ditaruh di bawah abdomen, sebawah mungkin di pinggang. Wanita hamil juga sebaiknya duduk sejauh mungkin dari air bag.
  • Jangan gunakan obat-obatan tanpa resep atau obat herbal tanpa konsultasi bidan atau dokter kehamilan.
Tentunya banyak lagi tips yang bisa diikuti untuk menjaga agar kehamilan tetap selalu sehat dan menyenangkan. Dengan mengikuti tips-tips ini, diharapkan kehamilan menjadi pengalaman yang membahagiakan bagi ibu dan si kecil dapat memasuki dunia dengan sehat dan selamat.

Sekian dulu artikel tentang Tips Menjaga Kesehatan Kehamilan, semoga bermanfaat. Sampai ketemu kembali pada artikel selanjutnya. Terima kasih. Salam Sehat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tips Menjaga Kesehatan Kehamilan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel